UINSA Surabaya Wisuda Sarjana ke 73

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Abd. A’la, M.Ag, mengatakan bahwa hal yang membanggakan bagi kita semua, ada 15 orang lulusan terbaik yang memiliki prestasi akademik sangat gemilanh dari progran S-3, S-2 maupun dari S-1. Progam Doktor diraih Dr. Mugiyati, konsentrasi Ekonomi Islam dengan IPK 3,88. Program Magister, diraih Ahmad Daniyal, M.H.I. konsentrasi Dirosah Islamiyah, dengan IPK 3,89.

Lanjut beliau, gelar Sarjana S-1, IPK tertinggi pada masing-masing fakultas, antara lain diraih oleh Riatin Ningsih, S.Hum, dengan IPK 3,66 konsentrasi Bahasa dan Sastra Arab dari Fakultas Adab dan Humaniora. Isna Qonita, S.I.Kom dengan IPK 3,70 konsentrasi Ilmu Komunikasi berasal dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi. M.Afif Yuniarto, S.H.I. konsentrasi Hukum Keluarga Islam dengan IPK 3,80 berasal dari Fakultas Syari’ah dan Hukum. Fitri Dewi Andani, S.Pd.I, konsentrasi Kependidikan Islam, IPK 3,74 Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Peraih nilai tertinggi dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat konsentrasi Ilmu Al-qur’an dan Tafsir adalah Faizal Ayyubi, S,Thi dengan nilai IPK 3,77 . Fakultas Ekonmi dan BIsnis Islam, konsentrasi Ekonomi Syariah, dengan nilai 3,75 dilaih oleh Ismatur Khayati, S.E.I, sementara dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan konsentrasi Sosiologi diraih oleh Sindy Wulandari dengan IPK 3,67 dan dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan peraih nilai tertinggi Mazidah, S.Psi dengan nilai 3,36.

Jenjang prestasi non akademik diraih oleh lima mahasiswa. Prestasi non akademik Hafal Al-qur’an 30 Juz, diraih oleh  Zainur Rosyid, S.H.I. dari Fakultas Syari’ah dan Hukum; Ismatul Khayati, S.E.I dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam; Ika Rohmah Khurnia Sari, S.Th.I dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat; Mahrus Sholeh, S.Th.I dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat; Faisal Ayyubi, S.Th.I dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dan peraih prestasi non akademik penulis novel ”Yen Pingin Berhasil Kudu Wani Kangelan” berasa dari Fakultas Syari’ah dan Hukum

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Abd. A’la, M.Ag, dalam sambutannya, mengatakan bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM, baik karyawan maupun dosen. Menugaskan dosen untuk mengikuti shortcourse ke luar negeri baik ke Timur Tengah maupun ke negeri barat ,dan meningkatan SDM para karyawan. Hal ini merupakan komitmen terhadap peningkatan kualitas lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Menurut Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Dr Abd. A’la, M.Ag, Sistem seleksi mahasiswa baru pada tahun 2015 dilakukan melalui lima jalur. Jalur  SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri UIN Sunan Ampel Surabaya. Tingginya minat untuk memasuki jenjang pendidikan di kampus negeri yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani 117 Surabaya ini, tiap tahun meningkat.Tahun 2012 untuk pilihan pertama sebanyak 6.222 peserta, tahun 2013 meningkat menjadi 7.967 peserta tes atau meningkat sebesar 21%. Pada tahun 2014 peminat masuk UIN Sunan Ampel Surabaya meningkat menjadi 19.973 atau meningkat sebesar 60%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan peminat masuk UIN Sunan Ampel Surabaya yang signifikan dari berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada. (Humas/End)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *