Studi Agama-Agama

PROFIL PROGRAM STUDI “STUDI AGAMA-AGAMA”
Diskripsi Singkat Program Studi

Program Studi (Prodi) ‘Studi Agama-Agama’ berdiri sejak tahun 1974 dengan SK Pendirian Kep./D.VI/218/74. Program Studi ini berada di bawah Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 676/SK/BAN PT/Akred/S/III/2018. Gelar yang dinisbahkan bagi lulusan Prodi Studi Agama-Agama Adalah Sarjana Agama (S.Ag.). Prodi Studi Agama-Agama saat ini digawangi oleh Dra. Feriyani Umi Rosyidah., M.Fil.I.sebagai Ketua Prodi dan Dr. Nasruddin, MA. sebagai Sekretaris Prodi.

Pendidikan pada Prodi ‘Studi Agama-agama’ diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan saintifik-kritis dan berbagai metode yang mengkombinasikan antara studi teoritis dan praktis. Program riset yang dikembangkan pada Prodi ini menjangkau mulai dari isu-isu keagamaan normatif hingga praktik keagamaan dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat penghormatan atas berbagai tradisi keagamaan. 

Visi 

Menjadi pusat studi agama-agama yang unggul dan kompetitif melalui penyelenggaraan kegiatan akademik yang kontekstual dan dialogis, serta pengembangan potensi kepemimpinan mahasiswa.

Misi 
  1. Menyelenggarakan pendidikan interdisipliner dalam bidang studi agama-agama secara kontekstual dan dialogis.
  2. Mengembangkan riset dan publikasi ilmiah dalam bidang kehidupan sosial-keagamaan yang mampu mempromosikan pemahaman lintas-iman dan nilai-nilai perdamaian.
  3. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan keilmuan dan perdamaian.
  4. Menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk para pemimpin muda dalam rangka mengembangkan kemampuan dan kepemimpinan di bidang dialog lintas-iman dan perdamaian.
  5. Mengembangkan layanan sosial yang mampu memberi kontribusi pada upaya-upaya perdamaian dan resolusi konflik berbasis pada nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.
  6. Membangun kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memperkuat kelembagaan Prodi Studi Agama-agama.
Tujuan 
  1. Menghasilkan intelektual muda yang memiliki pengetahuan teoritis dan metodologis di bidang studi agama-agama, baik dalam bidang doktrin keagamaan maupun peran dan fungsi sosialnya.
  2. Menghasilkan peneliti muda yang memiliki pengetahuan teoritis dan metodologis dalam bidang penelitian keagamaan, serta memiliki kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis objektif atas informasi dan data yang tersedia, dan mengembangkan berbagai solusi alternatif terhadap persoalan kehidupan keagamaan yang ada di lingkungannya.
  3. Menghasilkan fasilitator perdamaian yang memiliki kemampuan dalam menfasilitasi dialog antaragama, menjaga perdamaian (peace keeping), membangun perdamaian (peace building), dan resolusi konflik (conflictresolution), terutama yang terkait dengan konflik berbasis agama (religious-based conflict), serta mampu mendorong lahirnya kehidupan keagamaan yang damai dalam masyarakat yang majemuk.
Sasaran & Strategi Pencapaian

Sasaran dan strategi pencapaian yang akan dilaksanakan Prodi Studi Agama-Agama ke depan adalah sebagai berikut: 

PENDIDIKAN
Sasaran 1 :Mantapnya iklim keilmuan Studi Agama-agama yang kondusif. 
Indikator:Implementasi KKNI dengan baikMeningkatkan kualitas diskusi dosen dan mahasiswa secara periodikMaksimalisasi ruang laboratorium Studi Agama-agamaMeningkatkan keikutsertaan dosen-dosen dalam forum-forum ilmiah nasioanl/internasionalMeningkatkan keikusertaan mahasiswa dalam forum-forum ilmiah nasional/internasionalAdanya kerjasama dengan perguruan tinggi nasional dan internasional untuk peningkatan keilmuan SAA.Menjaga peminat masyarakat terhadap Prodi SAA. 
Strategi:Melakukan review kurikulum secara periodikMemperluas keterlibatan mahasiswa dalam penyelenggaraan forum-forum ilmiah di lingkungan Prodi SAA. Melengkapi sarana penunjang laboratorium.Meningkatkan kerjasama dengan berbagailembaga luar yang berfungsi untukmemperkuat kegiatan-kegiatan akademik, baik untuk kepentingan magang mahasiswa, praktikum, penelitian, maupun pengabdianmasyarakat. Mengintensifkan sosialisasi forum-forum ilmiah melalui berbagai media informasi yang mudah dijangkau. Membuka kelas internasional, melalui program pertukaran mahasiswa.Sosialisasi Prodi SAA   media komunikasi dan program-program layanan kepada masyarakat. 
Sasaran 2:Meningkatnya layanan pendidikan secara prima. 
Indikator:Meningkatnya efektivitas PBM yang dibuktikan dengan:Proporsionalitas perbandinga ndosen-mahasiswa.Kesesuaian subjek mata kuliah dengan dosen pengampu.Lengkapnya RPS setiap mata kuliah dan terdokumentasi denganbaik.Kedisiplinan waktu dan tempat Proses belajar mengajar.Meningkatnya efektivitas perwalian mahasiswa.Meningkatnya bimbingan skripsi yang profesional sehingga menghasilkan karya ilmiah mahasiswa yang layak terbit di jurnal ilmiah.Adanya Prodi SAA untuk jenjang S2. 
Strategi:Melakukan monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar melalui survey kepada mahasiswa di akhir semester.Memonitor kinerja dosen melalui BKDMendokumentasi form perwalian mahasiswaMenyusun form bimbinganRapat rutin dosen di awal dan akhir semester.Membuka Prodi SAA untuk jenjang S2. 
Sasaran 3:Terjaganya kualitas lulusan 
Indikator:Menjaga agar jumlah lulusan dengan IPK >3,0sebanyak 95% dengan masa tempuh studi selama 4 tahun.Menjaga agar minimal ada empat (4) skripsi mahasiswa yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah.Sebagian besar alumni terserap di pasar kerja formal maupun non formal.Alumni dengan prestasi akademik yang baik melanjutkan pendidikan kejenjang S2, baik di dalam maupun luarnegeri. 
Strategi:Menjadikan alumni yang berprestasi dan yang telah menyelesaikan studi S2 sebagai asisten dosen/DLB (sesuai kebutuhan). Mengefektifkan dosen wali melalui dokumentasi form perwalian setiap akhir semester.Memanfaatkan organisasi alumni untuk memberi informasi berbagai peluang kerja.Bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan pemerintah (FKUB, LSM, media) yang membutuhkan tenaga dengan latarbelakang keilmuan studi agama-agama, peace building maupun resolusi konflik.Meningkatkan dan mengefektifkan pelatihan penulisan proposal skripsi/penelitian akademik. 
PENELITIAN DAN PENERBITAN
Sasaran:Peningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah/populer oleh mahasiswa dan/ataudosen 
Indikator:Minimal, ada 9 artikel dosen berbasis riset yang diterbitkan dalam jurnal terakreditasi per tahun.Minimal ada 4 artikel/tulisan mahasiswa yang dipublikasikan baik di jurnal ilmiah maupun media nasional.Mempersiapkan Jurnal Religio sebagai jurnal internasionalMenjaga agar tetap terbit satu buku antologi ilmu-ilmu studi agama per tahun 
Strategi Menyelenggarakan latihan-latihan penelitian dan penulisan ilmiah bagi dosen-dosen terutama dosen muda.Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proigram-program riset, baik yang diiniasi dosen maupun LemlitKerjasama dengan JIS dan Kementrian Agama dalam mempersiapkan Jurnal Religio sebagai jurnal internasionalPelatihan penulisan jurnal ilmiah bagi mahasiswa semester akhir.Melakukancollaborative reseach dengan lembaga lain, baik melalui kerjasama kelembagaan maupun insiatif individu dosen. 
PENGABDIAN MASYARAKAT
Sasaran:Meningkatknya kualitas pengabdian masyarakat 
Indikator:Mantapnya pelaksanaan CBR dan service learning, sebagai pintu masuk kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengabdian masyarakatMemiliki komunitas dampingan dengan memanfaatkan program CSR (Campus Social Responsibility) antara UINSA dengan Dinsos Surabaya, serta jaringan-jaringan lain.Mendirikan pusat studi isu-isu keagamaan yang menerbitkan hasil monitoring wilayahJatim per tahun 
Strategi:Menyempurnakan kurikulum CBR dan service learingmelalui review kurikulum berdasarkan pengalaman di lapangan dan masukan dari berbagai stake holders. Memperluas dan memperkuat jejaring dengan berbagai stakeholders untuk melakukan pendampingan pada komunitas binaan dalam membangun kerukunan agama, service learning, danmagang.Memberikan layanan masyarakat dalam bentuk pelatihan dan konsultasi.Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berbasis pada riset melalui pendekatan CBR. 
MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI
Sasaran 1:Adanya manajemen kerja yang baik dan terukur 
Indikator:Adanya rencana kerja tahunanAdanya mekanisme monitoring dan pengendalian 
Strategi:Melakukan rapat rencana kerja setia pawal tahunMelakukan rapat evaluasi kineja Prodi yang dilakukan di tengah dan di akhir tahun 
Sasaran 2:Administrasi prodi yang semakin tertata baik, accountable, dan accessable 
Indikator:Layanan serba online komunikasi antar sesama dosen atau antara dosen dengan mahasiswaMemiliki data base persebaran profesi alumni Adanya SOP kerja-kerjaprodi.Mendapatkan sertifikat internasional ISO 9001; 2008 IWA 2. 
Strategi:Memanfaatkan IT dan media sosialMemanfaatkan organisasi alumniMenyempurnakan SOP kerja-kerja Prodi 
Profil Lulusan 

Prodi Studi Agama-Agama UIN Sunan Ampel Surabaya  akan menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut:

  1. Peneliti Muda 
  2. Memiliki pengetahuan secara teoritis dan metodologis dalam bidang studi agama-agama, baik dalam bidang doktrin keagamaan maupun peran dan fungsi sosialnya. 
  3. Memiliki pengetahuan secara teoritis dan metodologis dalam bidang penelitian keagamaan.
  4. Memiliki kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis objektif atas informasi dan data yang tersedia, dan mengembangkan berbagai solusi alternatif terhadap persoalan kehidupan keagamaan yang ada di lingkungannya. 
  • Fasilitator Perdamaian
  • Memiliki keahlian dalam menfasilitasi dialog antaragama, menjaga perdamaian (peace keeping), membangun perdamaian (peace building), dan resolusi konflik (conflict resolution), terutama yang terkait dengan konflik berbasis agama (religious-based conflict), serta mampu mendorong lahirnya kehidupan keagamaan yang damai dalam masyarakat yang majemuk.
  • Memiliki kemampuan dalam memengaruhi masyarakat untuk menyelesaikan perselisihan keagamaan (religious disputes) melalui cara-cara nirkekerasan dan dialog yang adil dan berkeadaban.
  • Memiliki kemampuan dakwah damai atau menyampaikan pesan-pesan perdamaian dalam agama baik melalui lisan maupun tulisan.
  • Pekerja Sosial
  • Memiliki kemampuan dalam pengembangan masyarakat (community development) melalui modal sosial yang dimiliki masyarakat atau yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang menghargai keragamaan dan perdamaian.
  • Memiliki kemampuan dasar secara teoritis dan praktis dalam bidang pendidikan damai (peace education).

4. Enterpreneur Keagamaan

  • Memiliki kemampuan kreatif (creative skills) di dalam berbagai lapangan kerja yang berkaitan dengan kerukunan antar umat beragama.

vMemiliki karir dalam berbagai macam lapangan kerja yang berorientasi pada penguatan modal sosial dan modal kapital yang dapat mendukung terciptanya perdamaian di masyarakat.

Matakuliah
NOSEMESTERNAMA MATA KULIAHSKS
11Bahasa Indonesia/TPKI3
21IAD, IBD, ISD3
31Pancasila dan Kewargaan3
41Pengantar Studi Islam3
51Studi al-Hadits3
61Studi al-Qur’an3
71Pengantar Filsafat2
81Ilmu Kalam2
Jumlah SKS22
92Agama-Agama Dunia2
102Teori-teori Sosial2
112al-Arabiyah li Dirasat al-Adyan2
122English for Religious Studies2
132Filsafat Islam2
152Sejarah Peradaban Islam2
162Akhlaq Tasawuf2
172Pemikiran Modern dalam Islam2
182Tafsir al-Aqidah2
192Fiqh al-Adyan2
202Hadits al-Adyan2
Jumlah SKS22
213Agama Kristen2
223Antropologi Agama2
233Hadits al-Aqidah2
243Islam Kawasan Asia Tenggara2
253Orientalisme2
263Sosiologi Agama2
273Tafsir al-Adyan2
283Agama Yahudi2
293Pengantar Studi Agama2
303Filsafat Ilmu2
313Filsafat Agama2
Jumlah SKS22
314Psikologi Agama2
324Agama-Agama Lokal3
334Agama Hindu3
344Agama Buddha3
354Agama dan Budaya Lokal2
364Pluralisme Keagamaan3
374Ilmu Perbandingan Agama3
384Studi Ritual Keagamaan3
Jumlah SKS22
395Metodologi Penelitian3
405Konghucu3
415Manajemen Lembaga Keagamaan3
425Bimbingan Konseling Sosial Keagamaan3
435Dialog Antar Agama4
445Fenomenologi Agama2
455Jurnalisme damai3
Jumlah SKS21
466Metodologi Penelitian Agama3
476Manajemen Konflik Keagamaan4
486Dakwah Islam Damai3
496Agama dan Kewirausahaan3
506Service Learning3
516Riset Berbasis Komunitas3
526Agama dan HAM2
Jumlah SKS21
537KKN4
547Pendidikan-damai Agama3
557Ideologi Gerakan Keagamaan2
567Agama, Negara dan Civil Society3
Jumlah SKS12
578Agama dan Isu-isu Kontemporer2
588Skripsi6
Jumlah SKS8
Jumlah Seluruh SKS150
Dosen 
  1. Prof. Dr. Ach. Jainuri, MA, Ph.D (S1 IAIN Sunan Ampel, S2, S3 Mc Gill University Canada)
  2. Dr. H. Kunawi Basyir, Drs. MA.,  (S1, S2, S3 IAIN/UIN Sunan Ampel)
  3. Dr. Ahmad  Zainul Hamdi, MA.,  ((S1, S2, S3 IAIN/UIN Sunan Ampel)
  4. Dr. Nasruddin, S.Pd, S.Th.I, MA, M.Pd. (S1 UM, S2 UGM, S3 Unisma)
  5. Dr. H. Akhmad Siddiq, M.A., (S1 Universitas Al Azhar, S2, S3 UGM)
  6. Dr. KH. Khotib, M.Ag., (S1, S2, S3 IAIN/UIN Sunan Ampel)
  7. Dr. KH. Abdul Djalal, M.Ag., (S1 IAI Ibrahimi, S2, S3 UIN Sunan Kalijaga)
  8. Dr. Hj. Wiwik Setiyani, M.Ag.,  (S1, S2, S3 IAIN/UIN Sunan Ampel)
  9. Dr. H. Andi Suwarko, M.S.,  ((S1 IAIN Sunan Ampel, S2, S3 Unair)
  10. Dra. Feriyani Umi Rosyidah., M.Fil.I.  (S1, S2, IAIN/UIN Sunan Ampel)
  11. Drs. Zainul Arifin, M.Ag.,  (S1, S2,IAIN/UIN Sunan Ampel)
Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan utama mahasiswa  mengikuti perkuliahan secara terjadwal, selain itu mengikuti intensif bahasa asing baik bahasa Arab maupun Bahasa Inggris dan intensif bimbingan keagamaan praktis  selama dua semester, stadium general, praktikum, visitasi dan observasi ke lembaga-lembaga kegamaan, dialog antar umat beragama, study comparative, magang, dan sebagainya. Bagi mahasiswa berprestasi juga disediakan Beasiswa Akademik, Beasiswa Penelitian Kajian Keagamaan.

Alumni

Alumni Prodi Studi Agama-Agama (SAA) tersebar dalam berbagai profesi seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/kota, Wakil Bupati, Saudagar (Pengusaha), Pendidik (Guru/Dosen), Aktifis LSM (NGO), Aktifis Organisasi Keagamaan dan sebagainya.  

Website & Email

Website                         : fuf.uinsby.ac.id

Email Program Studi     : saa@uinsby.ac.id