Webinar Desain Pembelajaran Kelas Internasional

Hari ini, Senin (26/10/2020), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Webinar tentang Desain Pembelajaran Kelas Internasional. Topik ini adalah topik yang sangat penting terkait dengan visi universitas ke depan untuk menjadi universitas berkelas internasional, world class university. Menurut Dekan FUF, Dr. Kunawi Basyir, webinar ini dimaksudkan sebagai media berbagi pengalaman dan menanamkan pondasi serta spirit para civitas akademik, terutama di lingkungan FUF UINSA, untuk berani melangkah membuka kelas bertaraf internasional.

Dr. Dicky Sofjan dari ICRS Yogyakarta, sebagai pembicara pertama mengiyakan apa yang disampaikan Kunawi Basyir. Menurutnya, kelas internasional itu penting dan itu harus dilakukan dengan cara membangun jaringan (network). Dunia memudahkan kita untuk berhubungan, interconnected, dan dalam konteks Indonesia, hal ini penting untuk mengenalkan Islam Indonesia. Menurutnya, FUF harus memiliki pembelajaran yang unik dan khas sehingga bisa menarik dan dilihat oleh dunia luar, dunia internasional.

Namun perlu diingat, kata Prof. Noorhaidi Hasan—guru besar dari UIN Sunan Kalijaga yang merupakan pembicara kedua dalam webinar tersebut, bahwa semangat menjadi world class university tidak boleh semata sebagai proses artifisial yang mengabaikan esensi. Yang paling dari itu semua, jelas Noorhaidi, adalah substansi pendidikan yang bertujuan mencetak mahasiswa yang kritis dan berpikir logis. Dia kemudian menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan kelas internasional: apakah hanya berbasis bahasa internasional semisal Inggris dan Arab? Apakah hanya sekedar diikuti oleh peserta didik dari luar negeri? Ataukah kelas dengan desain, atmosfer, dan mutu pembelajaran yang ada di universitas unggul di dunia?

Di bagian akhir sesi presentasi, Ibu Evi Fatimatur Rusydiyah dari UIN Sunan Ampel Surabaya, lebih banyak bercerita tentang apa yang sudah dilakukan dan seharusnya dilakukan untuk membangun kelas internasional dan mencapai mimpi sebagai world class university.

Menjadi universitas bertaraf internasional adalah mimpi dan visi besar UINSA. Kata Helmi Umam, jika melihat capaian yang sudah diraih oleh universitas lain, kita mungkin akan bersemangat tapi juga bisa jadi lemas: karena ternyata begitu banyak hal yang harus dilakukan. Terlepas dari itu, kata dia, langkah-langkah kecil sebagai ikhtiar harus dilakukan.

Webinar ini adalah langkah awal dari FUF untuk melihat peluang-peluang mengadakan kelas internasiona dan mendorong UINSA menjadi universitas bertaraf internasional. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *