WEBINAR PRODI ILHA, MENYOAL METODE PEMAHAMAN HADIS

Alhamdulillah Prodi Ilmu Hadis FUF telah sukses menggelar webinar bedah buku bertajuk “ Metode Pemahaman Hadis, Studi Komparatif Pemikiran Syuhudi Ismail dan Ali Mustofa Ya’kub” yang ditulis oleh Dr. Hasan Suaidi, M.Ag. pada hari Rabu, 1 Juli 2020 pukul 09.00 via aplikasi Zoom. Acara ini menghadirkan penulis buku yang dibedah sebagai Narasumber Pertama dan Dr. Muhid, M.Ag sebagai Narasumber Kedua.

Acara yang berlangsung -/+ 3 jam ini dibuka oleh Bapak Dr. Kunawi, M.Ag selaku Dekan FUF sekaligus memberikan sambutan atas nama fakultas. Dalam sambutannya, beliau menekankan urgensi topik webinar kali ini, yang diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam studi hadis, terutama pada aspek pendekatan.

Dalam sambutan penutup, Athoillah Umar, Kaprodi Ilmu Hadis yang juga ketua panitia menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, segenap peserta dan panitia yang telah berpartisipasi dalam terselenggaranya acara webinar ini.

Catatan penting yang disampaikan oleh narasumber, yaitu bapak Dr. Muhid, M.Ag dalam webinar kali ini adalah urgensi sebuah metode yang komprehensif dalam memahami suatu hadis, sehingga hadis tidak menjadi alat propaganda ideologis bagi kelompok atau perorangan, yang akhirnya melahirkan pemahaman hadis yang tidak tepat dan tidak jarang melenceng. Hal ini biasa terjadi di kalangan mereka yang merasa kelompoknya yang paling benar sendiri. (/prodi ilha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *